Saturday 29 December 2012

dari seminar proposal aku KELILING DUNIA


Keliling dunia?? ya keliling dunia. Dari seminar proposal?? ya dari seminar proposal..
Mungkin terdengar aneh, tapi ini nyata. Dulu ketika kita SD mungkin pernah mendengar kalimat "Buku adalah jendela dunia." Ya dan sekarang saya merasakannya.
Apa lewat buku? Ya, tapi bukan berbentuk buku. Melainkan dari jurnal penelitian. Sekilas saya cerita sedikit tentang proposal penelitian saya pada tugas akhir semester 7 saat ini di Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saya memilih topik wirausaha di Indonesia, dengan menjadikan "Intensi berwirausaha" sebagai dependent variable. Awalnya saya kebingungan dalam mengejakannya. Mungkin mahasiswa lain juga merasakan yang sama. Lalu dalam menentukan independent variable nya saya asal saja. cari yang mudah didapatkan sumbernya. tetapi pada akhirnya saya menyadari bahwa itu bukan esensi dari penelitian ilmiah yang sesungguhnya. Dan akhirnya saya mencari informasi tentang bagaimana sesungguhnya membuat penelitian ilmiah yang baik dan benar. Seringkali saya mendengan sesama mahasiswa ataupun dosen menyebutkan dan menekankan jurnal, jurnal, dan jurnal. Tapi saya masih belum memahami sebenarnya apa manfaat jurnal dalam penelitian.
Dan pada akhirnya saya mencari jurnal terkait intensi berwirausaha yang menjadi topik penelitian saya. Dan akhirnya terkumpul sampai ratusan jurnal. tetapi dari ratusan jurnal tersebut, yang terbitan Indonesia hanya mungkin dalam hitungan jari yang saya dapatkan saat itu. Dari jurnal-jurnal tersebut saya coba pahami semuanya. Awalnya saya sempat agak stress juga karena mayoritas jurnal berbahasa Inggris. tetapi saya minta bantuan doraemon eh kamus maksudnya lebih tepatnya kamus elektronik yang bisa diakses lewat jaringan internet. Satu persatu saya coba pahami jurnal tersebut dan itu telah membuka pikiran saya. Bahwa masalah yang saya teliti adalah masalah yang GLOBAL, atau masalah yang juga dialami oleh negara-negara dibelahan dunia lain. Dan dari situlah saya berkeliling dunia.hehehe ke amerika, spanyol, iran, malaysia, singapore, dan masih banyak negara lain.

No comments:

Post a Comment